Senin, 19 Agustus 2013

Konsisten Berdakwah Di Dunia Maya


Oleh Muh. Abid Fauzan*

Alhamdulillah... itu yang ana awali tulisan ini serta kata yang ana ucapkan juga –innalillahi juga- ketika menjabat sebagai Ketua umum Komunitas Blogger Pena Sunnah (KBPS). Komunitas yang di bentuk –kalau tidak salah- 2009 ini, memiliki impian yaitu Menjadi komunitas blogger muslim Ahlus Sunnah yang besar di Indonesia. Impian itu tetunnya memiliki hasrat untuk berdakwah di dunia maya, dunia yang memiliki sisi gelap dan terang.



Awal dari menggeluti dakwah di dunia maya ini tak pernah terbayangkan karena ana sudah lama menggeluti dakwah sekolah lalu menambah amanah dakwah lagi di dunia kampus. Sebenarnya dakwah di dunia maya ana, tidak lepas dari hobi menulis-nulis di blog karena begitu banyak tulisan yang menumpuk di buku-buku dan komputer. Maka ana manfaatkan blog posting tulisan ana karena mungkin tidak laku di media lain. He...he..

Setelah berjalan beberapa tahun ana ‘eksis’(menurutku) berdakwah di blog sampai menjadi ketua umum KBPS, ana mendapat realita yang memiriskan hati. Realitas dunia maya terjangkiti virus INKonsisten. Walau tak banyak tapi sangat jelas, banyaknya alamat web yang tutup. Mulai dari web biasa yang berisikan postingan cerita-cerita kecil sampai web terkenal dan besar yang berisikan tulisan-tulisan bersama dari penulis aktif.

KASUS MP KOLAPS
Masih segar di ingatan kita, memasuki tahun 2013 – kalo situs jejaring sosial Multiply [MP], yang pernah berjaya dan mempunyai komunitas yang kuat, akan ditutup. Saat itu layanan yang akan ditutup per Maret 2013 adalah layanan blogging, dan diganti sepenuhnya menjadi situs jual beli seperti Tokobagus dan sejenisnya.

Seorang teman dunia maya ana menceritakan Ketika MP berubah menjadi situs e-commerce- beliau mencoba membuat akun lagi untuk membuka lapak. Setelah melakukan registrasi, akhirnya di kelabakan dengan prosedur penyetelan dashboard dan tampilan untuk lapak jualan. Benar-benar ribet. Dia mencoba beberapa kali akhirnya gagal dan gak mau balik lagi meneruskan membuat lapak di MP.

Setelah itu Beliau menyampaikan “kalau modelnya rumit seperti itu, maka MP gak akan bakalan dilirik pedagang kaki lima online yang suka jualan di Tokobagus dan sejenisnya”. Ana pun mengiyakan dan berfikir jika harus membuka lapak gratisan - mending milih WP atau BS dan bahkan ada beberapa lapak dengan memakai domian dan server gratisan 200 %...*senyum*.
Dan ternyata tidak butuh waktu yang lama – untuk membuktikan prediksi tersebut, karena pada akhir april 2013 kita mendapati pengumuman bahwa multiply akan benar-benar kolaps (maksudnya tutup) di akhir Mei 2013.

Sebagai pemerhati di dunia maya, tentunya sangat menyedihkan. Walau masih belum aktif di dunia maya bahkan bukan pemilik situs MP, tapi ana bisa merasakan betapa sulitnya mengambil keputusan menutup situs yang telah mempunyai nama besar dan penggemar berat di dunia maya, tetapi mau bagaimana lagi jika memang situs tersebut sudah tidak bisa menghidupi pengelolanya?

YANG LAINNYA
Sementara itu, situs lain yang mengalami nasib mengenaskan – padahal sebelumnya punya banyak penggunanya adalah Friendster.com – situs blogging ini waktu itu sangat populer di indonesia.. tetapi dengan cepat kolaps seiring dengan populernya Facebook dan twitter. Memang Friendster.com masih ada sampai sekarang tetapi sudah menjadi situs game online.

Di negeri kita sendiri, dulu ada situs www.penulislepas.com disitu anda bisa posting berbagai macam tulisan tetapi tulisan-tulisan yang jumlahnya ribuan yang ditulis oleh blogger di situs www.penulislepas.com sekarang sudah hilang – diganti oleh tulisan pendiri sekaligus pemiliknya.
Selain Penulis lepas.. ada situs yang cukup ramai dan bisa mengeluarkan pendapat sebebasnya yaitu www.Politikana.com yang digagas oleh Enda Nasution – seorang blogger terkenal.. nah situs yang terkenal itu sekarang juga sudah tutup.

Di kota makassar (tempat KBPS lahir) ada situs yang bernama www.panyingkul.com. Panyingkul sendiri sangat di kenal dengan julukan ‘jurnalisme orang biasa’ sebuah web yang berisikan pewarta warga (citizen journalism) Makassar(bahkan merilis sebuah buku..WOW). Panyingkul sempat terkenal mulai dari peluncurnya di Hotel Quality pada tanggal 1 Juli 2006 yang lalu. Namun panyingkul yang didirikan oleh Lily Yulianti Farid terakhir kami cek pada tanggal 20 Agustus 2013 sudah tidak bisa diakses.


Membaca hal tersebut kita mendapat banyak hikmah. Walaupun contoh diatas cakupan luas namun kita bisa mengambil pelajaran tentang konsistensi akan aktif di dunia maya. Yang mengelolah sebuah web yang bersifat umum saja bisa tutup atau tidak aktif lagi maka bagaimana dengan kita yang mengusung tujuan untuk berdakwah di dunia maya. Maka butus kerja keras dan manajeman dengan baik agar kita konsisten berdakwah di dunia maya. So.. tetap istiqomah berdakwah khususnya di dunia maya sekalipun ujian dan coban terus menerpa.. ALLAHU AKBAR...!!!

WALLAHUALAM

* KETUA KBPS (Komunitas Blogger Pena Sunnah) periode 2013-2015

1 komentar:

Istiqomah dalam dakwah, di dunia maya ternyata lebih susah. Kendala bagi saya pribadi adalah keterbatasan waktu. Pembagian waktu ini yang menyebabkan kadang blog aktif kadang tak berpenunggu. Oya, KBPS apakah membuka wadah tempat blogger lain bergabung, semacam Warung Blogger atau Bloof?

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...