Sabtu, 11 Agustus 2018

MENGENAL KARAKTERISTIK GENERASI RABBANI




Karakteristik Generasi Rabbani

Karakteristik generasi –sebagaimana yang tersebut diatas- adalah :


1.Menggabungkan tiga sifat mulia ; yaitu meraih dan menuntut ilmu yang shahih –sesuai manhaj salaf- dengan kesungguhan, mengamalkan ilmu hingga mencapai derajat hikmah dan taqwa, dan mengajarkannya pada orang lain sebagai ulama. dai dan murabbi.

2.Menggabungkan antara ilmu, dakwah dan ishlah/perbaikan segala bidang kehidupan masyarakat, dan umat islam, sebagaimana dalam ucapan Imam Al-Thabari.

3.Memiliki qudrah (kemampuan) untuk memimpin, dan mengorganisir umat serta menyelesaikan problem yang mereka hadapi baik problem agama maupun duniawi. Dalam ungkapan salaf yang sangat popular : “Bukan termasuk golongan kami, orang yang tidak memperhatikan urusan kaum muslimin”, Urusan ini mencakup makna umum –agama dan duniawi-.

4.Bisa menggabungkan dan membagi porsi antara ilmu, dan pergerakan/ishlah peradaban umat islam dalam berbagai kehidupan. Tuntutan ilmu dan penyebarannya, tidak menjadikan mereka hanya fokus pada ilmu, ilmu dan ilmu, sebaliknya pergerakan dakwah dan perbaikan mereka terhadap umat islam dan peradabannya, tidak menjadikan mereka melepas jubah dan pakaian keilmuan mereka.

5.Meletakkan metode belajar, pengajaran, dan pengkaderan secara tadarruj (ber-marhalah). Artinya belajar atau mengajarkan orang lain dari dasar-dasar ilmu terlebih dahulu sebelum masuk pada bagian ilmu yang lebih rumit dan sulit. Sebagaimana konsekuensi dari ucapan Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu diatas. Mustahil seseorang bisa menjadi ulama, duat, ustadz yang sukses apalagi derajat rabbani bila tidak meletakkan manhaj/metode tadarruj/maraahil dalam halaqah ilmu dan tarbiyah…Dan ini merupakan sunnahnya para salaf dan khalaf (ulama belakangan) dalam proses ta’lim dan tarbiyah. Bahkan setiap bidang ilmu dalam ilmu-ilmu islam sudah diletakkan didalamnya maraahil (tingkatan) dalam menuntutnya.

Terakhir… Sudahkah tiga karakteristik generasi rabbani ini ada pada diri generasi masa kini ??

Kita berharap agar Generasi Rabbani ini hadir ditengah-tengah umat islam dengan membawa solusi bagi semua problem umat baik problem agamis ataupun duniawi sebagaimana ucapan Imam Al-Thabari. Wallaahu a’lam.

Oleh Maula La Eda, L.c (Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Madinah)

Sumber dari: http://wahdah.or.id/menyongsong-generasi-rabbani/



YUK LIHAT TULISAN KEGIATAN KULIAH PERDANA PONDOK INFORMATIK:

http://abidmenulis.blogspot.com/2018/08/mengisi-kuliah-perdana-pondok.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...